Mata Uang Thailand itu Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Trinitanmetals.co.id – Untuk sebagian orang khususnya para pelajar, mungkin pertanyaan tentang apa itu mata uang Thailand adalah pertanyaan yang sering kalian dapatkan.

Dalam hal ini, memang mengetahui beberapa mata uang yang berasal dari negara-negara lain termasuk sebagai hal yang perlu dipahami. Walaupun kalian tidak mengetahui semuanya, melainkan hanya mengetahui beberapa diantaranya saja kalian sudah cukup memahami tentang suatu negara.

Nah, kalau jenis mata uang dari negara Indonesia sendiri pastinya kalian semua tahu. Memang benar, dimana negara kita memiliki mata uang yang bernama Rupiah (RP). Namun untuk jenis mata uang lain seperti negara Thailand, mungkin kalian belum pernah mendengar dan tidak tahu tentang jenis dari mata uangnya.

Untuk itu kalian wajib menyimak ulasan yang kami bagikan berikan, karena beberapa fakta menarik mengenai mata uang Thailand sudah tersaji disini.

Mata Uang Thailand Itu Apa?

mata uang thailand

Untuk kalian yang sedang mencari tahu mengenai informasi dari mata uang Thailand, maka kalian perlu menyimak faktanya di bawah ini.

Jadi mata uang Thailand adalah Baht (บาท, simbol ฿, kode ISO 4217 THB) dan ini menjadi alat tukar resmi yang berasal dari negara gajah putih Asia yaitu Thailand.

Untuk satu Baht jika dikonversikan ke dalam mata uang rupiah, ini setara dengan 422,13 Rupiah Indonesia dan tentu akan selalu berubah setiap waktunya.

Pada tahun 1897, Baht sudah menjadi mata uang Thailand yang resmi dan sudah tersebar luas di seluruh negaranya sejak saat itu. Simbol dari mata uang negara gajah putih ini adalah huruf B kapital ฿ yang akan selalu ada di setiap pecahan mata uang negara gajah putih ini.

Jadi untuk sekarang sudah sangat sangat jelas, bahwasanya mata uang resmi dari negara Thailand adalah Baht yang sudah diresmikan pada tahun 1897.

Berikut Pecahan Thai Baht Mata Uang Resmi di Negara Thailand

mata uang thailand adalah

Di masing-masing negara, setiap mata uang yang dibuat pasti memiliki pecahan yang menjadi solusi termudah untuk setiap pemakainya. Dimana pecahan mata uang ini juga berlaku pada negara Thailand, yang pada pecahannya ini memiliki dua jenis yakni pecahan koin dan pecahan uang kertas.

Untuk pecahan koin nya sendiri terdiri dari ฿0,01, ฿0,5, ฿0,10, ฿0,25, ฿0,50, ฿1, ฿2, ฿5, dan pecahan baht yang terakhir adalah ฿10.

Selain itu, pecahan mata uang baht juga sudah tersedia dalam bentuk logam yang terdiri dari 1 satang, 5 satang, 10 satang, 25 satang serta yang tertinggi 50 satang. Sedangkan mata uang baht uang yang dibuat dari kertas, setidaknya memiliki 5 jenis pecahan diantaranya yaitu ฿20, ฿50, ฿100, ฿500, dan yang terbesar ฿1.000.

Dari sekian banyaknya pecahan mata uang tersebut, tentu sudah tersebar luas di negara Thailand dan selalu dimanfaatkan oleh warganya sebagai alat tukar.

Informasi Warna Uang Kertas Dari Pecahan Baht Thailand

Kalian semuanya pastinya sudah tahu, bahwa dari masing-masing pecahan mata uang pasti memiliki warna yang menjadi ciri khas nya. Tujuan dari pewarnaan pada mata uang kertas ini memang cukup sederhana, dimana tujuannya supaya setiap orang tidak bingung dalam membedakannya.

Untuk mata uang kertas dari negara Thailand, setidaknya memiliki lima jenis warna yang akan kalian temukan di masing-masing pecahan.

Beberapa warna tersebut adalah hijau di pecahan ฿20, biru di pecahan ฿50, merah di pecahan ฿100, ungu di pecahan ฿500, dan abu-abu pada pecahan ฿1.000.

Kemudian dari beberapa pecahan uang kertas baht tersebut, memiliki sebuah gambar yang berisikan wajah-wajah para raja Thailand. Jadi untuk mencari tahu tentang warna dari mata uang kertas di negara gajah putih ini, kini kalian bisa melihatnya dalam kutipan di atas.

Beberapa Fakta Menarik Dari Mata Uang Baht Thailand

fakta mata uang thailand

Terdapat satu hal menarik yang perlu kalian ketahui dari mata uang baht, dimana hal menarik ini adalah fakta dari mata uang di negara berjuluk gajah putih ini.

Beberapa fakta yang kami maksud ini, merupakan penjelasan dari turun-temurun para tokoh yang berasal dari negara Thailand. Sehingga buat kalian yang ingin berkunjung ke negara Thailand, maka kalian perlu memahami sedikit dari beberapa fakta menarik ini.

Mungkin beberapa diantara kalian menganggap, bahwa perihal fakta yang seperti ini tidak terlalu penting untuk penggunaan sebuah uang. Namun demi melestarikan suatu budaya dari negara tersebut, tentu tidak ada salahnya juga apabila kita memahami sedikit fakta yang ada ini.

Nah untuk mengetahui lebih jelasnya, kini kalian semua dapat memahaminya melalui sebuah rangkuman yang tersaji sebagai berikut.

1. Gambar Raja di Masing-Masing Pecahannya

Untuk pecahan mata uang yang berasal dari Indonesia, pasti kalian sudah tahu bahwa di dalamnya memiliki sebuah gambar dari para pahlawan Indonesia. Dan hal ini sangat berbeda dengan tampilan gambar di mata uang baht, karena untuk baht sendiri menampilkan sebuah gambar dari para raja Thailand.

Namun untuk tujuannya sendiri sangatlah sama dengan mata uang Indonesia, dimana hal ini bertujuan untuk menghormati para pahlawan dan para rajanya.

2. Baht Thailand Tidak Boleh di Injak

Bhumibol Adulyadej sebagai raja Thailand yang sangat dihormati di negaranya, pasti akan selalu berada di masing-masing pecahan uang Thailand. Dengan hal ini para warganya tidak boleh menginjak, merobek, melipat maupun dirusak, apabila tidak ingin berurusan dengan pihak yang berwenang.

Jadi buat kalian yang berkunjung ke Thailand lalu memiliki mata uang di sana, maka sebaiknya kalian mematuhi sebuah fakta yang satu ini.

3. Nilai Tukar ke Rupiah Yang Selalu Berubah

Ketika kalian berlibur ke sebuah negara, pastinya kalian ingin membeli berbagai macam hal-hal unik yang menjadi ciri khas dari negara tersebut.

Nah, sebuah fakta menarik dari mata uang Baht, dimana nilai tukar terhadap rupiah akan selalu berubah setiap jamnya dan ini berlaku di setiap kota. Sehingga beberapa perkiraan kalian dalam menyesuaikan uang untuk membeli suatu barang, akan menjadi berubah-ubah akibat fakta yang satu ini.

Tips Menggunakan Mata Uang Baht Saat Bepergian

menggunakan mata uang thailand

Dengan adanya beberapa fakta yang kami jelasan tersebut, tentu kalian perlu memahaminya sebaik mungkin khususnya bagi kalian yang ingin berlibur kesana. Sebab ketika kalian salah dalam memahami fakta tersebut, maka beberapa hal yang akan merepotkan kalian di Thailand bisa saja terjadi.

Untuk terlepas dari beberapa hal ini, mungkin kalian semua wajib dalam mengetahui sebuah tips saat menggunakan uang Baht Thailand.

Beberapa tips ini kami kutip dari beberapa media lokal, yang sempat menjelaskan tips jika bepergian menggunakan mata uang Baht.

Kalian semua bisa memahami sebuah tips yang kami bagikan ini, dengan tujuan agar terhindar dari beberapa masalah yang mungkin saja bisa kalian terima. Dan tanpa harus berlama-lama lagi, sekarang juga kalian bisa memahami tips menggunakan mata uang Thailand disaat sedang bepergian sebagai berikut.

  1. Kalian bisa menggunakan Traveller Cheque supaya tidak selalu memegang uang Baht dalam bentuk fisik.
  2. Gunakan mata uang dolar untuk menukarkannya ke dalam bentuk Baht.
  3. Membawa uang tunai jika kalian ingin menjelajahi beberapa kuliner serta tempat-tempat menarik di Thailand.

Baca juga: