Jenis Strategi Pemasaran + Contohnya Menurut Para Ahli

Trinitanmetals.co.id – Menyiapkan jenis strategi pemasaran dalam suatu bisnis yang kalian kelola, tentu akan menjadi opsi yang baik dalam memenuhi target usah kalian.

Oleh sebab itu kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai jenis strategi pemasaran, supaya bisnis yang kalian jalankan bisa lebih berkembang. Untuk sebagian orang atau pembisnis mungkin perihal semacam ini tidak mereka pikirkan, namun menurut banyak orang hal ini sangatlah bermanfaat.

Sebab dengan adanya jenis strategi atau rencana yang seperti ini, tentu kita sebagai pebisnis bisa mendapatkan referensi tentang rencana kedepannya. Mungkin saja banyak pembisnis diluaran sana yang ingin menerapkan strategi ini juga, namun merasa bingung dengan jenis strategi apa yang akan diterapkan.

Jadi mulai sekarang kita sama-sama belajar, khususnya dalam mengetahui jenis strategi pemasaran menurut para ahli yang cocok untuk bisnis kalian.

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

jenis strategi pemasaran dan tujuannya

Dalam mengembangkan suatu bisnis, hal penting yang harus di pikirkan dan di rancang adalah sebuah strategi dalam pemasaran. Hal ini karena pada suatu produk yang baik akan menjadi percuma apabila tidak dikelola dengan dengan strategi pemasaran yang baik.

Tanpa adanya strategi dalam pemasaran produk, maka akan sulit untuk perusahaan menjual suatu produk. Apalagi di saat ini, jumlah pesaing bisnis online dalam menjual produk sudah semakin tinggi tingkatnya.

Secara umum tujuan strategi pemasaran adalah serangkaian rencana untuk upaya memasarkan produk atau jasa dengan sebuah pola perencanaan yang terstruktur agar perusahaan tersebut dapat menjual produk atau jasa dalam volume penjualan yang menguntungkan.

Berikut ini kami sudah merangkum beberapa pendapat para ahli tentang pengertian atau jenis strategi pemasaran, yang di antaranya:

1. Menurut Basu Swastha

Strategi Pemasaran adalah suatu sistem secara keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang dibuat seperti merencanakan, mempromosikan, menentukan harga, hingga mendistribusikan barang dan jasa yang ditunjukan untuk memuaskan kebutuhan konsumen.

2. Menurut Paul dan Guiltinan

Sistem strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir yang digunakan dalam mengembangkan suatu bisnis atau perusahaan. Untuk cara yang digunakan yaitu dengan menggabungkan beberapa unsur pemasaran seperti bauran marketing, segmentasi pasar dan posisi sasaran.

3. Menurut Kurtz

Pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan kegiatan program perusahaan dalam menentukan sebuah target pasar dan mengutamakan kepuasan konsumen dengan membangun elemen seperti distribusi, marketing produk, promosi, dan harga.

Contoh Jenis-Jenis Strategi Pemasaran

jenis strategi pemasaran yang cocok diterapkan pada konsumen yang terbatas

Dalam perihal ini, sebelumnya para ahli juga sudah memiliki tafsiran mengenai jenis strategi pemasaran yang semacam ini. Dan setiap penyampaiannya tersebut, kami sudah berhasil menemukan kesimpulan dari apa yang disampaikan oleh para ahli tersebut.

Setidaknya dari beberapa pesan yang disampaikan, kami sudah berhasil mengumpulkan 8 jenis strategi yang bisa kalian terapkan.

Dengan begitu bisnis kalian bisa lebih berjalan dengan baik, dan memiliki perencanaan yang matang dalam opsi yang akan dilakukan berikutnya. Sebaiknya kalian memperhatikan semua rangkuman yang sudah kami buat, agar satu tips yang kami sampaikan nanti tidak terlewat.

Nah, langsung saja kalian pahami beberapa jenis strategi pemasaran yang berhasil kami buat kali ini, dalam rangkuman yang tersedia sebagai berikut.

jenis strategi pemasaran dan contohnya

Mempromosikan suatu perusahaan ke dalam jenis iklan, umumnya sudah ada sejak abad 18 dan ini masih terus berjalan sampai sekarang.

Jenis strategi yang seperti ini memerlukan dana yang disiapkan oleh suatu perusahaan, agar pembuatan iklan yang akan disiarkan itu bisa berjalan baik. Namun dengan berkembangnya era digital, kini strategi Cause-Related Marketing bisa dimanfaatkan melalui layanan internet.

Ada banyak sekali platform media sosial yang bisa kalian sewa dalam pembuatan iklan tersebut, dan yang pasti dengan biaya yang lebih murah. Dan yang sudah pasti, melakukan Cause-Related Marketing melalui internet akan memungkinkan kalian untuk mendapatkan jumlah audiens yang lebih banyak.

2. Paid Advertising

jenis jenis strategi pemasaran menurut para ahli

Jika cara yang sebelumnya dilakukan dengan mempromosikan suatu perusahaan, maka strategi berikutnya adalah mempromosikan suatu produk. Jenis promosi yang terkait dengan strategi ini juga masih berbayar, atau menitipkan dana kepada perusahaan iklan untuk mempromosikan produknya.

Paid Advertising juga termasuk dalam strategi yang berlangsung cukup lama, namun beberapa perusahaan sampai sekarang masih menerapkan strategi ini. Tapi untuk sekarang ini, mempromosikan suatu produk lebih mudah ditayangkan lewat internet, karena akan menjanjikan bahwa biayanya akan lebih mudah.

PPC atau paid per detik, merupakan cara pembayaran yang perlu kalian lakukan jika memanfaatkan Paid Advertising dalam bentuk internet.

3. Relationship Marketing

jenis jenis strategi pemasaran dan tujuannya

Setiap perusahaan khususnya yang sedang kalian jalani, pasti memiliki member atau konsumen yang sangat percaya dengan perusahaan kalian. Dan Relationship Marketing ini adalah sebalinya, yang mana kalian harus berupaya dalam menarik konsumen untuk mempercayai perusahaan kalian.

Jika kalian sudah memilikinya maka itu adalah hal yang cukup baik, namun jika belum punya maka pastikan bahwa kalian melakukan hal ini.

Walaupun Relationship Marketing sudah tidak terlalu sering untuk dilakukan sekarang ini, namun kami yakin bahwa strategi ini masih sangat jitu. Atau kalian bisa mengkombinasikannya dengan menitipkan produk kalian kepada konsumen tersebut, lalu membayarnya untuk menarik perhatian audiens lain.

4. Word of Mouth

jenis strategi pemasaran online

Memiliki suatu brand yang dikenal oleh banyak orang, pastinya menjadi keinginan yang diidamkan oleh banyak perusahaan. Menerapkan strategi Word of Mouth dalam usaha kalian, adalah salah satu langkah untuk membuat brand kalian diketahui oleh banyak orang.

Jenis strategi pemasaran yang satu ini juga sudah berlangsung cukup lama, namun memang jenis medianya saja yang sudah berbeda.Untuk saat ini kebanyakan perusahaan lebih memanfaatkan layanan media sosial, karena jangkauan yang luas tentu akan mencakup audiens lebih banyak juga.

Tapi jangan lupa untuk menerapkan strategi ini dengan sangat nyata, agar para konsumen bisa mendapatkan suatu hal yang sesuai dengan ekspektasinya.

5. Undercover Marketing

jenis strategi pemasaran adalah

Untuk yang kelima adalah strategi Undercover Marketing, dimana untuk strategi ini sifatnya memang susah-susah gampang untuk dilakukan.

Dalam strategi ini, kalian akan dipaksakan untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan tanpa disadari bahwa kalian itu menjadikannya sebagai target iklan. Tentu dalam melakukan hal ini kalian perlu memiliki keahlian khusus, tapi jangan pernah khawatir karena ada banyak media yang menjelaskan tentang hal ini.

Strategi Undercover Marketing ini memiliki beberapa jenis penerapan yang berbeda, tapi yang paling sering dilakukan sekarang adalah jasa endorsement. Sebab banyaknya pengguna media sosial sekarang ini, yang lebih tertarik dengan influencer sehingga mereka tidak sadar bahwa sedang menjadi target iklan.

6. Diversity Marketing

diversity marketing

Diversity Marketing, termasuk dalam jenis strategi pemasaran yang paling akurat dan juga mampu untuk diterapkan.

Jenis strategi yang seperti ini, memang sangat cocok untuk dilakukan pada suatu perusahaan atau brand yang sudah mendunia. Jadi dengan menggunakan strategi ini, kita semua perlu memasarkan suatu produk pada pelanggan dengan latar yang berbeda.

Walaupun demikian, tentu tidak akan menutup kemungkinan juga bahwa perusahaan yang baru kalian rintis pun bisa menerapkan strategi ini. Karena strategi yang cukup mumpuni ini, pastinya akan memproseskan perusahan kalian ke dalam jangkauan yang lebih luas juga.

7. Internet Marketing

internet marketing

Sebagai pengguna internet paling besar di dunia, tentunya jenis strategi Internet Marketing ini sangat cocok dilakukan di Indonesia. Sebab hampir semua pekerja maupun pelajar di Indonesia, lebih sering menghabiskan waktu luangnya dengan membuka layanan internet.

Strategi Internet Marketing, merupakan salah satu cara dalam bidang mempromosikan suatu produk maupun perusahaan ke media sosial. Dan yang pasti bukan hanya media sosial saja, melainkan kalian juga bisa memperluanya ke berbagai media-media lokal Indonesia.

Contohnya seperti website Trinitanmetals.co.id, Youtube, dan lain sebagainya yang terpenting memiliki hubungan dengan internet yang memiliki audiens besar.

8. Transactional Marketing

transactional marketing

Dan yang terakhir ini adalah Transactional Marketing, dimana strategi yang satu ini juga akan sangat berguna untuk usaha kalian. Transactional Marketing umumnya dilakukan dengan cara menyewa para sales, yang akan mempromosikan produk dan perusahaan kalian secara langsung.

Beberapa perusahaan yang pernah kalian dengar pastinya sudah sering melakukan strategi ini, sebab memang bisa dikatakan bahwa strategi ini cukup mumpuni. Tujuan utama dari strategi Transactional Marketing ini adalah menjangkau minat pelanggan dan juga volume penjualan sebanyak mungkin.

Jadi dapat dipastikan bahwa strategi ini lumayan cocok untuk usaha kalian, sebab audiens yang bisa di jangkau tentu lebih nyata. Dari beberapa jenis strategi pemasaran yang kami jelaskan tadi, tentu kalian bisa mengikuti semua jenis strateginya.

karena yang terpenting kalian dapat melakukannya dengan sungguh-sungguh, atau tidak melakukanya dengan cara yang sembarangan.

Baca juga: