Pengertian Fungsi Turunan Uang Beserta Contohnya

Trinitanmetals.co.id – Apakah kalian tahu tentang fungsi turunan uang yang sebenarnya? Nah, jika kalian belum mengetahuinya maka kalian bisa simak terus ulasan di bawah ini.

Tidak sedikit diantara kalian semua, mungkin sering mendengar tentang istilah dari fungsi turunan uang melalui berbagai media. Karena dalam hal ini, pastinya akan menyangkut paut dengan sistem perdagangan yang sering kalian lakukan di kehidupan sehari.

Seperti mata uang Thailand digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di negara tersebut. Jadi walaupun kalian tidak mengetahui betul tentang hal ini, namun secara tidak sadar kalian akan selalu merasakan turunan uang yang terjadi.

Untuk sebagian pelajar dan mahasiswa, mungkin pembelajaran yang seperti ini sudah pernah diulas pada pembelajaran ekonomi. Nah, kalau semisalnya kalian sudah lupa, maka kalian sekarang bisa menulisnya kembali melalui artikel yang kami bagikan kali ini.

6 Contoh Fungsi Dari Turunan Mata Uang

fungsi turunan uang dan contohnya

Dengan mengutip hal ini, kalian semua akan diberikan beberapa penjelasan tentang turunan mata uang dalam berbagai aspek. Jadi memang ada beberapa aspek penting, yang ada hubungannya dengan turunan uang baik itu di Indonesia maupun negara-negara lainya.

Kemungkinan besar kalian belum mengetahui tentang hal ini, dan mimin yakin bahwa ada beberapa hal yang membuat kalian perlu mengetahuinya. Baik itu dalam pembelajaran, dunia pekerjaan, sampai dengan penambahan wawasan yang perlu kalian ketahui saat ini.

Fungsi utama uang adalah sebagai alat tukar dan satuan hitung yang digunakan sebagai alat pembayaran barang dan jasa, sedangkan fungsi turunan uang dibagi menjadi beberapa hal yaitu sebagai alat bayar, menunjukkan harga, dan penimbun kekayaan.

Dengan demikian, harap pastikan bahwa kalian mengetahui segala penjelasan yang kami lampirkan ini dengan baik dan benar. Maka daripada itu langsung saja kalian pahami beberapa aspek fungsi turunan uang yang sudah kami catat, dalam sebuah rangkuman berikut.

1. Sebagai Alat Pembayaran yang Sah

fungsi turunan uang sebagai alat transaksi

Fungsi turunan uang salah satunya adalah sebagai alat pembayaran yang sah. Mungkin sudah banyak diantara kalian yang sudah mengetahui hal ini.

Tanpa adanya mata uang, kita semua tidak akan bisa membeli sesuatu yang menjadi kebutuhan hidup dan juga gaya hidup. Karena uang dalam bentuk kertas maupun logam, merupakan alat transaksi yang sah dalam suatu negara khususnya di Indonesia.

Membeli suatu barang ataupun jasa, merupakan salah satu fungsi utama yang bisa kalian rasakan dengan adanya uang. Dan hal ini akan terus berlangsung di Indonesia, tanpa adanya alasan untuk menggunakan uang sebagai alat tukar yang sah.

2. Penunjang Kegiatan Ekonomi dan Sosial

fungsi turunan uang yang kalian ketahui

Fungsi dari turunan uang yang selanjutnya adalah sebagai Penunjang Kegiatan Ekonomi dan Sosial diseluruh negara kesatuan republik Indonesia. Dikarenakan uang adalah alat untuk membeli suatu barang atau jasa, maka semua orang pastinya akan selalu berusaha untuk mencarinya.

Bekerja untuk mendapatkan uang, merupakan hal yang menjadi pokok utama agar seseorang bisa mendapatkan alat tukar yang sah ini. Dan selain itu, uang juga dapat menjadi sebuah motivasi bagi seseorang demi mendapatkan kebutuhan hidup dalam keluarganya.

Jadi turunan uang juga bisa berguna sebagai penunjang kegiatan ekonomi dan sosial, khususnya bagi kita yang ingin menjalani kehidupan.

3. Menunjukan Suatu Harga

fungsi turunan uang sebagai petunjuk harga

Fungsi turunan uang yang bisa kalian dapatkan sekarang ini, adalah sebagai alat untuk menunjukan suatu harga pada suatu barang dan jasa.

Dengan adanya fungsi uang ini, kalian bisa menentukan apakah barang atau jasa tersebut layak untuk kalian beli. Tentu mengetahui harga barang adalah hal yang perlu diperhatikan, karena ini juga akan bersangkutan dengan persiapan uang ke depan.

Mungkin jika kalian pandai dalam menentukan suatu barang untuk dibeli atau tidak, maka kehidupan kalian nanti akan jauh lebih sejahtera. Dan bayangkan jika kalian tidak mengetahui haha dari suatu barang atau jasa sebelum membelinya, maka bisa saja kebutuhan ekonomi kalian tidak cukup.

4. Alat Pemindahan Kekayaan

fungsi turunan uang sebagai penimbun kekayaan

Pemindahan Kekayaan, menurut mimin menjadi salah satu dari fungsi turunan uang yang sedang kita bahas kali ini.

Maksudnya dengan kehadiran fungsi ini, setiap orang akan bisa memindahkan kekayaannya ke dalam bentuk barang. Tentu bukan hanya suatu barang saja, melainkan kalian juga bisa memindahkan kekayaan tersebut dalam bentuk yang lainya.

Beberapa diantaranya seperti memiliki aset rumah, perusahaan, saham, dan lain sebagainya pasti bisa kalian lakukan. Jadi wajar saja apabila pemilik banyak uang diluaran sana, memiliki barang-barang yang berharga dan aset-aset melimpah dalam hidupnya.

5. Sebagai Alat Penimbun Kekayaan

fungsi turunan uang sebagai pemindah kekayaan

Menyimpan uang dengan cara apapun, ini sama halnya dengan menimbun kekayan yang dimiliki oleh seseorang. Dan menimbun kekayaan ini juga, termasuk dalam fungsi turunan uang yang harus kalian ketahui mulai dari sekarang.

Maksud dari menimbun kekayaan, adalah bagian dari kekayaan seseorang atau sebuah perusahaan dalam menunjukan seberapa besar finansial yang dimiliki. Tentu masih ada banyak lagi finansial yang bisa kalian wujudukan nantinya, dan seperti yang kami bilang bahwa ini termasuk dari fungsi turunan uang.

Dengan demikian kalian bisa memiliki uang dengan kegunaan yang jauh lebih bermanfaat, khususnya untuk finansial dalam jangka waktu panjang.

6. Sebagai Alat Pembayaran Utang

pengertian tentang alat transaksi

Selain dimanfaatkan untuk membeli suatu barang dan jasa, uang juga pastinya bisa dimanfaatkan untuk membayar segala hutang seseorang.

Jenis hutang apapun yang pernah dibuat, pasti akan bisa dilunasi atau dibayarkan dengan uang yang seseorang miliki.

Hal ini juga menyangkut standar fungsi uang dimasa mendatang, dimana deskripsi mengenai uang juga dapat difungsikan untuk membayar hutang. Terlebih kegiatan utang memang selalu berjalan di Indonesia, bahkan tidak hanya di Indonesia melainkan seluruh dunia.

Sejarah Penting Mengenai Uang Yang Perlu Kalian Ketahui

sejarah duit yang perlu kalian tahu

Setelah mengetahui tentang fungsi dari turunan uang, maka selanjutnya kita akan membahas sedikit tentang sejarah uang. Jadi pada mulanya, semua umat manusia mencukupi segala kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan kekayaan alam di sekitar.

Seiring dengan berjalannya waktu, perlahan umat manusia melakukan pertukaran barang atau yang biasa disebut dengan barter. Mulanya mereka memanfaatkan manik-manih, terumbu karang dan lain sebagainya. Namun dikarenakan tidak efektif, maka cara tersebut ditinggalkan.

Beberapa periode setelahnya, proses tukar menukar lebih sering digunakan melalui logam mulia semacam emas dan juga perak.

Tapi dikarenakan emas dan perak persediaannya terbatas, maka munculah alat tukar berbentuk kertas dan juga logam yang masih bertahan sampai sekarang.

Sejarah Mata Uang di Indonesia

sejarah duit di indonesia

Selain mengetahui sejarah uang secara internasional, maka kalian juga dapat mengambil pengertian tentang sejarah uang di Indonesia. Pada tahun 1946, mata uang pertama kali yang diterbitkan oleh pemerintahan Indonesia adalah Oeang Republik Indonesia (ORI).

Untuk era sebelumnya, pasti mata uang di Indonesia juga masih berupa logam mulia seperti emas dan juga perak. Hal ini dapat dibuktikan, dengan adanya penemuan mata uang yang terbentuk dari logam dimana mata uang ini sudah ada dari zaman hindu budha.

Bentuk dari uang yang ditemukan tersebut seperti cembung, dan untuk masalahnya sendiri berasal dari daerah Jawa Indonesia. Kalian dapat menemukan mata uang tersebut di museum nasional, karena hal ini cukup penting untuk pengetahuan sejarah kalian.

Simak Juga :