8 Contoh Deskripsi Diri Sendiri Dalam CV Untuk Mahasiswa

Trinitanmetals.co.id – Ketika kalian sudah terjun dalam dunia pekerjaan, maka menyiapkan contoh deskripsi diri sendiri yang profesional memanglah perlu kalian siapkan.

Sebab suatu perusahaan akan melihat detail dari mana kalian, dan fakta-fakta personal apa saja yang ada di hidup kalian.

Umumnya data diri seperti ini tidak hanya kalian persiapkan ketika masuk dalam dunia kerja saja, melainkan harus mempersiapkannya dari duduk di bangku sekolah. Sebab ada banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan nanti, khususnya dalam memperkenalkan diri kepada banyak audiens disekitar kalian.

Beberapa pelajaran yang kalian temui di sekolah mungkin sudah pernah membahas hal ini, namun tidak sedikit diantara kalian yang melupakannya. Untuk itu kita akan mengulas lagi pelajaran ini, tepatnya dalam ulasan berjudul contoh deskripsi diri yang menarik untuk melamar pekerjaan.

Memang Apa itu Deskripsi Diri?

contoh deskripsi diri sendiri singkat

Sebelum mengetahui contoh deskripsi diri sendiri yang akan kita bahas ini, mungkin akan lebih baik jika kalian memahami tentang apa itu deskripsi.

Deskripsi adalah sebutan dari bahasa verba describe, dan juga memiliki bahasa latin yang bisa disebut dengan describere. Dari ketiga sebutan ini, deskripsi sendiri artinya adalah memaparkan, menguraikan atau bisa juga kalian artikan sebagai melukiskan.

Deskripsi diri di dalam CV adalah ringkasan profil yang ditulis secara singkat untuk menjelaskan jenjang pendidikan, pengalaman, keterampilan dan tujuan karier seseorang.

Di dalam paragraf deskripsi yang akan dibuat, biasanya berisikan tujuan yang mengutip sebuah kesan atau impresi kepada para pembaca. Untuk isi di dalam paragraf ini juga kalian bisa memasukkannya dengan kategori objek, peristiwa, gagasan, tempat yang ingin disampaikan secara otentik.

Umumnya disaat kalian sekolah pasti sudah pernah mempelajari hal ini, namun kemungkinan besar di antara kalian sudah melupakannya.

Cara Membuat Informasi Deskripsi Diri yang Profesional

contoh deskripsi diri yang menarik

Membuat suatu paragraf yang berisikan tentang deskripsi diri, tentu harus dibuat dengan cara yang serius dan juga akurat. Jadi kalian tidak bisa membuatnya secara asal-asalan, karena para audiens dapat menilai baik atau tidaknya deskripsi tersebut dari gaya penulisan.

Maka daripada itu, setidaknya kalian harus paham mengenai tips-tips jitu dalam membuat contoh deskripsi diri yang baik. Karena beberapa hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai poin-poin utama, yang harus ada dalam sebuah deskripsi tersebut.

Kemungkinan besar kalian semua merasa bingung dengan hal ini, terlebih jika ada diantara kalian yang baru pertama kali membuat deskripsi diri. Baiklah, untuk memberikan sedikit ilmu mengenai tips dalam membuat deskripsi diri yang baik, maka kalian bisa simak daftar berikut ini.

  1. Tentukan poin yang ingin ditonjolkan.
  2. Buatlah deskripsi tersebut secara ringkas.
  3. Jelaskan apa saja tujuan karir yang kalian miliki.
  4. Identifikasi diri secara profesional.
  5. Jangan ragu dan selalu berikan sentuhan pribadi.
  6. Gunakan semua jenis kata kunci yang berhubungan.
  7. Masukan angka sebagai bukti pencapaian kalian.
  8. Periksa ulang seluruh penulisan yang berhasil dibuat.

Setelah kalian sudah paham dan tahu masalah tips membuat contoh deskripsi diri singkat, maka kalian sekarang sudah bisa membuatnya sendiri.

Namun buat kalian yang sekiranya membutuhkan sedikit referensi, maka kalian bisa melihat beberapa contoh deskripsi dalam rangkuman berikut ini.

8 Contoh Deskripsi Diri Singkat dan Menarik

contoh deskripsi diri sendiri untuk melamar pekerjaan

Walaupun tips dalam membuat deskripsi diri sudah kalian pahami, tapi mimin yakin bahwa kalian masih merasa ragu jika harus membuatnya sendiri. Dan hal ini bukan karena ilmu pengetahuan kalian sedikit, melainkan karena kalian tidak merasa yakin dengan hasil yang kalian buat.

Dengan adanya hal ini, tentu mencari inspirasi atau referensi dalam membuat paragraf deskripsi diri merupakan pilihan yang paling tepat. Karena disaat kalian sudah memiliki referensi dalam membuat paragraf ini, maka kalian hanya perlu menambahkan beberapa kata nya saja.

Di Kesempatan kali ini setidaknya mimin sudah menyediakan 8 contoh deskripsi diri menarik, yang tentunya sangat cocok buat kalian jadikan sebagai referensi. Jadi langsung saja kalian pahami beberapa contoh deskripsi diri tersebut, kemudian mengubahnya dengan data-data diri kalian sendiri.

1. Contoh Deskripsi Diri Pengalaman Kerja

contoh deskripsi diri atas motivasi dan tujuan

Beberapa perusahaan, mungkin akan meminta kalian untuk mencantumkan sebuah pengalam pekerjaan apa yang pernah dilakukan sebelumnya. Dan hal tersebut memang cukup menarik, sehingga kalian pun perlu mempersiapkan jenis penyampaian deskripsi yang baik.

“Sebagai salah satu accounting manager selama 5 tahun pengalaman akuntansi pada industri real estate dan marketing. Menguasai pengetahuan yang luas dalam bidang akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Mahir dalam menerapkan atau eksekusi pada prosedur akuntansi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi suatu perusahaan. “

Nah, contoh deskripsi diri dengan pengalaman kerja yang ada di atas tadi, tentu bisa kalian jadikan referensi dalam deskripsi kalian.

2. Contoh Deskripsi Diri Fresh Graduate 

contoh deskripsi diri fresh graduate

Membuat deskripsi diri fresh graduate memang sangat cocok buat kalian yang ingin melamar pekerjaan, karena kalian bisa memasukan pengalaman kerja juga. Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa kalian tambahkan, dan beberapa contohnya itu bisa kalian simak dalam contoh berikut ini.

Lulusan S1 dengan spesialisasi di pemasaran digital. Memiliki beberapa pengalaman dalam mengembangkan pemasaran digital melalui kesempatan magang di dua perusahaan multinasional langsung. Kali ini saya mencari peluang kerja yang sekiranya memberi kesempatan untuk semakin berkembang lagi.”

Penyampaian kata yang singkat namun penuh dengan makna, adalah salah satu deskripsi diri yang dapat kalian buat sekarang ini.

3. Deskripsi Diri Untuk Business Management

contoh deskripsi diri dalam cv

Dalam sebuah bisnis yang ingin kalian tempati, pastinya membutuhkan seorang pekerja keras yang paham akan hal business management. Dan untuk melakukan proses pendaftarannya juga, pastikan bahwa kalian sudah membuat deskripsi diri yang menarik seperti berikut ini.

“Memiliki 3 tahun pengalaman kerja sebagai koordinator pengembangan bisnis dengan menerapkan kemampuan dalam berkolaborasi dengan tim penjualan, pemasaran, bisnis, dan juga suatu produk.”

Penyusunan kata yang ada di atas tentu tidaklah terlalu ribet, namun memiliki makna yang kuat dari setiap penggunaan kata nya.

4. Deskripsi Diri Ketika Ingin Mengubah Karir

contoh deskripsi diri dalam cv bahasa inggris

Demi mendapatkan jenis pekerjaan yang nyaman, tentu kita bisa mencarinya ke berbagai perusahaan yang sekiranya menerima kalian. Lantas membuat deskripsi diri ketika ingin mengubah gelar karier, tentu menjadi salah satu opsi yang bisa kalian manfaatkan.

“Profesional dalam berorientasi pada tujuan untuk mengejar suatu perubahan karier dengan jangka panjang teruntuk bidang Web Design. Memiliki segelintir pengalaman 10 tahun kerja disertai keterampilan khusus yang sangat analisis, pemecahan masalah, mahir komputer dan juga bisa menindaklanjuti proyek dari awal sampai akhir.”    

Contoh deskripsi diri yang kalian lihat di atas, dapat kalian rubah sedikit sampai nantinya sesuai dengan yang kalian inginkan.

5. Contoh Deskripsi Diri Untuk Managerial Level

syarat syarat untuk melamar pekerjaan

Buat kalian yang memiliki pendidikan akuntansi, tentu perlu mempersiapkan jenis deskripsi yang matang untuk memperlihatkannya kepada perusahaan.

Nah, jenis dari deskripsi yang sangat matang tersebut, kini bisa kalian lihat di bawah ini juga sebagai bentuk referensi yang bisa kalian manfaatkan nanti.

“Salah satu marketing director dengan pengalaman kerja selama 20 tahun di bidang pemasaran dan penjualan. Telah berhasil menciptakan dan menerapkan kebijakan pemasaran, serta meningkatkan penjualan sebanyak 60%. Memiliki segenap kemampuan dalam manajemen dan interpersonal yang sangat baik.”

Pastikan bahwa ada sedikit kata yang kalian rubah, demi memperindah sebuah paragraf deskripsi yang kalian miliki nantinya.

6. Contoh Deskripsi Diri Untuk Mahasiswa

berkas yang mendukung untuk melamar kerja

Seperti yang mimin bilang tadi, bahwasannya memiliki deskripsi diri itu tidak hanya diperuntukan untuk seorang pekerja saja. Melainkan sebagai pelajar juga, kalian sudah bisa membuat sebuah deskripsi diri untuk melengkapi biografi diri kalian.

“Menjadi salah satu mahasiswa Ekonomi yang antusias serta bermotivasi tinggi dengan kemampuan kepemimpinan, inisiatif dan selalu berusaha dalam mencari tantangan baru. Telah berpengalaman dalam berbagai organisasi kampus atau internal bahkan hingga di luar atau eksternal kampus.”

Contoh deskripsi yang kalian lihat tadi, pastinya bisa dimanfaatkan juga buat kalian yang sekiranya masih duduk di bangku pelajar.

7. Contoh Deskripsi Diri Untuk Engineer

tips mudah untuk keterima kerja

Memiliki keahlian dalam bidang komputer, memang cukup menjanjikan bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar. Tapi sebelum itu, pastikan bahwa kalian juga memiliki catatan deskripsi yang menarik untuk dilihat oleh para atasan perusahaan.

“Sangat profesional dengan pengalaman kerja yang sudah mencapai selama 7 tahun dalam pengembangan aplikasi ponsel baik berbasis Android maupun iOS. Selalu mengedepankan keterampilan dalam kolaborasi antar tim, melakukan pemecahan masalah, serta manajemen proyek.”

Dari kutipan deskripsi yang ada di atas, pastinya kalian sudah bisa mendapatkan referensi yang baik untuk bisa dikembangkan.

8. Contoh Deskripsi Diri Posisi Sales 

berkas pendukung agar cepat keterima kerja

Salah satu jenis pekerjaan yang memiliki banyak peminat ini, memang memerlukan keahlian khusus dalam memikat hati calon pembeli. Dan buat kalian yang tertarik dengan pekerjaan ini juga, maka kalian bisa mempersiapkan deskripsi diri seperti yang ada di bawah ini.

“Profesional dalam urusan atau bidang penjualan dengan 5+ pengalaman kerja serta memiliki spesialisasi dalam manajemen penjualan maupun pemasaran. Memiliki kelebihan dalam bidang negosiasi, selalu fokus dalam pencapaian target dan juga memiliki kemampuan kepemimpinan.”

Kalian dapat merapikan dan mengganti beberapa kata yang ada di atas, supaya perusahaan dapat mengetahui fakta sebenarnya dari hidup kalian.

Baca juga: