Cara Daftar BPUM BRI Online Untuk Dapatkan BLT UMKM

Trinitanmetals.co.id Pemerintah kini mengadakan suatu program Bantuan Sosial secara beberapa tahap, khususnya dalam bidang usaha UMKM. Untuk itu kalian simak cara daftar BPUM secara online sekarang juga.

Apakah kalian pernah mendengar tentang bantuan sosial? Tujuan dari adanya bantuan sosial ini sendiri bermaksud untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Dimana setiap kali ada bencana seperti pandemi covid-19 atau yang lainnya, pemerintah selalu membuat program Bansos dan salah satunya adalah BPUM.

Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) merupakan bantuan khusus bagi pemilik usaha mikro, yang sekiranya mengalami penurunan pendapatan di masa pandemi. Dengan ini pemerintah berharap kepada seluruh usaha mikro di Indonesia, untuk mendaftarkan dirinya supaya program ini bisa sukses dan berjalan dengan baik.

Nah, kalau kalian masih bingung tentang bagaimana cara daftar BPUM tersebut, maka kalian bisa mengikuti terus ulasan berikut.

Cara Mendaftar BPUM Online Untuk Dapat BLT UMKM

daftar bpum umkm online

Dalam proses pendaftaran BPUM supaya bisa mendapatkan BLT UMKM, setiap orang kini bisa melakukannya secara online. Proses pendaftaran online yang seperti ini dapat memudahkan kalian, khususnya agar tidak berkerumun seperti halnya melakukan proses pendaftaran online.

Kalian hanya perlu menyiapkan HP dan akses internet, karena semuanya itu bisa kalian akses melalui perangkat smartphone. Namun selain melakukan proses pendaftaran secara online, kalian juga bisa melakukan proses pendaftaran secara offline.

Dengan ini kami akan memberikan kedua caranya, agar kalian dapat memahami betul tentang proses pendaftaran yang sudah ditentukan.

Lantas sekarang juga kalian dapat memahami proses pendaftarannya tersebut, sebab masing-masing cara sudah kami sediakan dalam tutorial berikut ini.

1. Cara Daftar BPUM BRI Online Via HP

Untuk yang pertama tentu kami akan memberikan cara pendaftaran secara online, karena untuk cara inilah kalian bisa melakukannya dengan mudah.

Seperti yang kami katakan tadi bahwa kalian bisa menyiapkan perangkat HP terlebih dahulu, dan pastikan bahwa HP kalian memiliki akses internet.

  1. Pertama kalian buka Browser lalu masuk ke dalam laman https://oss.go.id.
  2. Jika sudah berada di halaman utama kalian dapat mengklik menu Perizinan Berusaha lalu klik opsi Perseorangan.
  3. Klik dibagian opsi Pendaftaran NIB bagi pemilik usaha mikro perseorangan.
  4. Setelah itu kalian lengkapi semua Formulir Data Profil yang tersedia.
  5. Apabila sudah selesai maka kalian bisa klik Simpan dan klik Lanjutkan.
  6. Pada tampilan baru silahkan kalian klik dibagian Tambah Usaha pada bagian Formulir Data Usaha.
  7. Isikan kembali Data Formulir lalu kalian klik opsi Simpan dan Selanjutnya.
  8. Ketika semua tahapan di atas sudah dilakukan maka kalian bisa mengeceknya ulang di menu Draft NIB.
  9. Lanjut untuk mengklik menu Permohonan dan klik IUMK.
  10. Pilih Nama Kegiatan Usaha yang kalian jalani sekarang.
  11. Kemudian klik dibagian opsi Komersial/Operasional habis itu kalian pilih lagi tombol Simpan dan Lanjutkan.
  12. Jika sudah maka proses pengajuan Komersial/Operasional sudah selesai kalian lakukan.

Ketika semua data sudah disiapkan dan beberapa tahapan sudah kalian ikuti, maka tugas kalian hanya tinggal menunggu sampai proses data di akses.

2. Cara Daftar BPUM Untuk UMKM 2022

Dalam proses pendaftaran offline tentu kalian bisa mempersiapkan beberapa berkas terlebih dahulu, dan berkunjung ke kantor aparat desa setempat.

Terdapat beberapa pihak yang bisa kalian temukan untuk melakukan konsultasi dalam proses daftar BPUM untuk dana bantuan sebesar 2,4 juta rupiah. Dan beberapa diantaranya itu seperti:

  1. Dinas koperasi dan usaha mikro daerah.
  2. Koperasi yang memiliki kedudukan sebagai badan hukum.
  3. Kementerian maupun Lembaga yang terkait.
  4. Layanan perbankan yang sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan OJK.
  5. Beberapa lembaga resmi sebagai penyalur kredit bantuan UMKM.

Seperti biasa bahwa tugas kalian di akhir hanya perlu menunggu, sampai dengan nantinya data kalian akan diakses oleh pemerintah.

Cara Mencairkan Bantuan Dana BPUM BRI Dengan Sistem Reservasi

cara mencairkan dana bantuan bpum online

Ketika semua proses dalam melakukan daftar BPUM BRI 1,2 juta sudah kalian lakukan, maka seperti yang kami bilang bahwa kalian tinggal menunggu hasilnya. Dan ketika kalian terpilih sebagai penerima bantuan BLT UMKM usaha mikro, maka kalian dapat mencarinya dalam waktu yang sudah ditentukan.

Pada proses pencairan dana ini terdapat beberapa aspek yang perlu kalian perhatikan, dimana pada aspek tersebut perlu kalian perhatikan dengan baik.

Mungkin kalian semua berpikir bahwa proses pencairannya ini sangat gampang, tapi pada dasarnya perlu ada beberapa hal yang perlu dilakukan secara serius. Agar lebih jelasnya, mungkin lebih baik kami memberikan sebuah tutorial mengenai cara pencairan dana BPUM di tahun 2022 ini.

Sehingga dengan demikian kalian tidak perlu merasa bingung lagi, karena semua langkah-langkah yang diperlukan bisa kalian simak di bawah ini.

  1. Pertama kalian kunjungi laman https://eform.bri.co.id/bpum melalui Browser di perangkat HP kalian.
  2. Kalian akan dibawa ke tampilan utama dan disitu kalian bisa melihat nama kalian sebagai penerima BPUM.
  3. Masukan atau Isikan Data pada kolom yang tersedia.
  4. Apabila semua data sudah dimasukan maka akan muncul Nomor Referensi yang wajib untuk kalian simpan.
  5. Nah, kalau nomor tersebut sudah disimpan maka kalian hanya perlu mengunjungi lokasi UKO sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Untuk beberapa catatan yang harus kalian perhatikan, bahwasanya ketika kalian sudah berada di tempat UKO maka silahkan lakukan reservasi ulang.

Beberapa Syarat Wajib Untuk Mendaftar BPUM Tahun 2022

cara daftar bpum online tahap 3

Dalam suatu program apapun yang diadakan oleh pemerintah, pastinya akan mewajibkan calon penerima untuk memenuhi syarat dan ketentuan. Dimana tujuan dari syarat dan ketentuan ini adalah, supaya semua masyarakat yang berhak menerima bantuan dapat tersebar secara merata.

Begitupun dengan salah satu program bernama Bantuan Produktif Usaha Mikro BPUM, yang mana pada program ini juga memiliki syarat dan ketentuan bagi pelaku usaha.

Dengan begitu kalian dapat memahami serta memenuhi syarat tersebut, agar semua proses pendaftaran yang kalian ajukan dapat membuahkan hasil. Tapi untuk sebagian orang mungkin masih meremehkan hal ini, atau bisa juga mereka tidak paham tentang syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

Oleh karena itu kami pun akan memberitahu tentang semuanya kepada kalian, melalui sebuah daftar yang tersaji di bawah ini.

  1. Pelaku usaha tidak pernah atau belum menerima Bantuan Sosial BPUM di tahap sebelumnya.
  2. Tidak sedang berurusan dengan Kredit Usaha Rakyat.
  3. Merupakan warga asli Indonesia WNI.
  4. Mempunyai Kartu Tanda Penduduk KTP.
  5. Melampirkan SKU bagi pelaku usaha.
  6. Memiliki usaha mikro.
  7. Bukan termasuk dalam bagian Aparatur Sipil Negara, TNI, POLRI dan juga pegawai BUMN di suatu daerah.

Apabila semua syarat yang ada di atas sudah kalian penuhi, maka kalian semua berhak untuk mendaftar BPUM sekarang juga.

Manfaat Program BPUM BRI Yang Diadakan Oleh Pemerintah

bantuan sosial usaha mikro 2022

Setiap ada program yang diberikan oleh pemerintah, pastinya memiliki tujuan dan juga manfaat tersendiri bagi semua masyarakatnya. Dan dari sekian banyaknya program Bantuan Sosial yang sudah ada, program BPUM ini juga termasuk dalam suatu Bantuan Sosial yang memiliki banyak sekali manfaat.

Namun manfaat yang didapatkan ini semua tergantung dengan pola pikir kalian pribadi, sebab jika kalian salah dalam mengelolanya maka dana tersebut sia-sia.

Sebaliknya jika kalian dapat memanfaatkan dana bantuan tersebut dengan sangat baik, maka kami yakin bahwa semua ini bisa memberikan banyak sekali manfaat. Pemerintah sendiri tentu berharap agar program ini bisa memberikan banyak manfaat, khususnya bagi pelaku usaha mikro di Indonesia.

Adapun beberapa manfaat yang sudah berhasil kami simpulkan, dimana beberapa manfaat tersebut bisa kalian simak melalui daftar berikut ini.

  1. Membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
  2. Mendorong munculnya wirausaha baru di tempat-tempat yang belum pernah ada usaha mikro sebelumnya.
  3. Mengembangkan UMKM di suatu daerah.
  4. Menstabilkan kembali perekonomian serta pendapatan usaha mikro yang sempat mengalami penurunan pendapatan.

Nah, mungkin hanya itu saja ulasan dan juga tutorial mengenai cara daftar BPUM BRI. Kalian dapat memahaminya dengan baik, agar proses pendaftarannya berhasil.

Simak juga :